Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:18 WIB
Detail
BukuGambaran Coping, Efektivitas Coping dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar pada Mahasiswa angkatan 2008 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang Mengalami Stres Akademik (Studi pada kelompok mahasiswa yang berprestasi lebih tinggi dan kelompok mahasiswa yang berprestasi lebih rendah)
Bibliografi
Author: Melisa ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Topik: Stres Akademik; Prestasi Belajar; Coping
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Melisa's Undergraduated Theses.pdf (433.78KB; 357 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1490
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Memasuki jenjang pendidikan Perguruan Tinggi, ada banyak perubahan yang terjadi dari kondisi sewaktu SMA. Perubahan dalam sistem pembelajaran dan adanya tuntutan akademik pada masa awal perkuliahan yang menjadi stres akademik pada mahasiswa baru. Hal tersebut dapat berpengaruh pada prestasi belajar mereka. Oleh karena itu diperlukan suatu usaha (coping) yang efektif untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai gambaran coping, efektivitas coping dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa baru UNIKA Atma Jaya khususnya Fakultas Psikologi yang mengalami stres akademik dan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi atau yang lebih rendah. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Untuk mendapatkan subjek penelitian yang mengalami stres akademik, peneliti menggunakan kuesioner stres akademik pada mahasiswa baru yang peneliti susun sendiri dengan bantuan expert jugdement. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan teknik variasi maksimum dengan variasi jenis kelamin dan tingkat IP (indeks prestasi). Hasil dari penelitian ini yaitu ke empat subjek yang mengalami stres akademik dalam pemilihan strategi copingnya dipengaruhi faktor internal (gaya coping yang biasa digunakan dan kepribadian) dan faktor eksternal (dukungan sosial). Tiga subjek menggunakan strategi coping tipe emotion-focused dan satu subjek menggabungkan strategi coping tipe emotion-focused dan problem-focused. Coping social support dan self control yang dilakukan subjek pertama dan coping social support dan distancing yang dilakukan subjek ketiga belum cukup efektif untuk mengatasi stres akademik yang dialami. Lain halnya dengan coping distancing dan planful-problem solving yang dilakukan subjek kedua dan coping self contol yang dilakukan subjek ke empat, coping tersebut sudah cukup efektif Saran metodologis untuk penelitian selanjutnya, dapat mengaitkan domain pola asuh, urutan kelahiran anak, persepsi tentang kuliah, kemudian perhatikan waktu pengambilan data yang tepat. Saran praktis untuk Universitas, dosen, keluarga agar memberikan dukungan berupa arahan dan pemberian informasi yang diperlukan oleh mahasiswa baru dalam mengatasi stres akademik yang dialami.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)