Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:03 WIB
Detail
BukuGambaran Citra Merek Sepeda Motor ”SNR” Pada Masyarakat Jakarta
Bibliografi
Author: REVANTIUS, RENDY ; Sutoyo, Nani Indra Ratnawati Nurrachman (Advisor); Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Brand Image; Citra Merek; Perilaku Konsumen; Persepsi Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rendy Revantius's Undergraduated Theses.pdf (462.27KB; 93 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1486
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pasar sepeda motor di Indonesia saat ini semakin berkembang dan mengalami peningkatan. Seiring dengan meningkatnya permintaan tersebut para produsen sepeda motor mulai memperbaharui produk – produknya dengan menawarkan produk – produk baru ataupun memperbaharui tampilan dari produk yang sudah ada. Seperti yang dilakukan oleh salah satu produsen sepeda motor yang ada di Indonesia yang meluncurkan sepeda motor dengan merek SNR series. SNR sendiri merupakan varian dari produk sepeda motor yang sudah ada sebelumnya, hanya saja pada SNR terdapat perbedaan warna dan tampilan sedangkan mesin yang digunakan tidak ada perbedaan. Meskipun hanya memiliki perbedaan warna dan nama, namun sepeda motor SNR ini dijual dengan harga yang lebih mahal dari pada edisi regulernya. Namun Perbedaan harga ini ternyata tidak menyurutkan para konsumen untuk membeli sepeda SNR series ini. Motif emosional ini dapat muncul karena persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui merek yang dipakai. Dalam perilaku membeli ada beberapa motif yang mempengaruhi dalam perilaku membeli, yaitu motif rasional dan motif emosional. Motif rasional adalah motif yang mendorong munculnya perilaku membeli yang muncul berdasarkan pada kriteria-kriteria yang objektif seperti harga, berat, dan ukuran. Sedangkan motif emosional adalah motif yang mendorong munculnya perilaku membeli yang muncul berdasarkan kriteria-kriteria pribadi atau subjektif seperti status dan kebanggaan. Motif emosional ini dapat muncul karena persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui merek yang dipakai. Persepsi Konsumen ini merupakan proses pemaknaan dari informasi yang diterima oleh konsumen. Salah satu informasi yang dipersepsikan oleh konsumen mengenai sebuah produk adalah merek. Merek sendiri merupakan sebuah kata/nama yang mewakilkan keseluruhan karakterisitik dari produk tersebut. Persepsi ini menghasilkan pemaknaan bagi konsumen mengenai makna denotatif dan makna konotatif dari merek tersebut. Kumpulan persepsi yang bersifat konotatif terhadap merek yang dimiliki oleh konsumen inilah yang akan membentuk sebuah citra merek. Citra merek ini yang kemudian akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk menggunakan sebuah produk atau tidak. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui citra merek sepeda motor SNR pada masyarakat Jakarta. Untuk mengukur citra merek sepeda motor SNR, peneliti menggunakan alat ukur semantic differential. Alat ukur ini membagi setiap polar ke dalam tiga dimensi, yaitu dimensi evaluasi, dimensi potensi dan dimensi aktivitas. Partisipan dalam penelitian ini adalah masyarakat Jakarta baik pemilik SNR atau bukan yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki pengetahuan mengenai SNR. Jumlah partisipan pada penelitian ini adalah 135 orang. Berdasarkan hasil penelitian citra merek SNR dapat digambarkan sebagai berikut kuat, cepat, modern, menarik, aktif, mengagumkan, meyakinkan, berkualitas tinggi, dan inovatif. Sedangkan untuk kata menyenangkan, mudah diterima, unik, formal, luas, memuaskan, halus, membanggakan citra merek SNR memiliki kecenderungan netral.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)