Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:20 WIB
Detail
BukuPerbedaan Gambaran Archetype Antara Pengguna Earphones dengan Non Pengguna Earphones
Bibliografi
Author: ASTARI, ANDININA ; Santosa, Eric Mulyadi (Advisor)
Topik: Emotional Companion; Social Segregation; Musik Earphones
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Andinina Astari's Undergraduated Theses.pdf (328.56KB; 43 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1467
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Teknologi berperan penting sebagai pengembangan budaya dan kehidupan manusia dalam konteksnya pada kehidupan sehari-hari. Sebagai sebuah inovasi teknologi, ditemukanlah sebuah media alat dengar yang berguna bagi seseorang untuk dapat mendengarkan suara secara lebih individual, yaitu sebuah instrumen yang disebut dengan earphones. Fenomena mengenai penggunaan earphones telah umum terjadi di masyarakat luas, dan mayoritas penggunaan earphones tersebut ditemukan di ruang publik atau tempat umum. Kehidupan di perkotaan yang bising, serta kebutuhan akan hiburan membuat earphones yang praktis digunakan dapat menemani penggunanya menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada sisi lain, terdapat juga seseorang yang memiliki sikap negatif mengenai penggunaan earphones, yang menganggap bahwa insrumen tersebut dapat membawa penggunanya tidak dapat berinteraksi secara sewajarnya dengan lingkungan sekitar. Dalam melihat perbedaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan archetype. Archetype merupakan sebuah konsep dan struktur dalam pikiran manusia untuk mengetahui motif, pengekspresian keinginan-keinginan dasar, dan motivasi manusia (Pearson, 2001). Dalam hubungannya dengan penggunaan earphones, dapat digambarkan dalam pengekspresian keinginan dasar tersebut, tergantung archetype yang dominan dan aktif dalam diri seseorang. Alat tes yang digunakan dalam penelitan ini adalah skala Heroic Myth Index yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya, beserta nilai median dari skala sikap terhadap penggunaan earphones sebagai cutpoint untuk menentukan batas antara dua kelompok penelitian. Karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam rentang usia 18 – 40 tahun, dan memiliki instrumen earphones. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang berarti (signifikan) pada jenis archetype caregiver dan innocent. Selain itu, archetype jester adalah yang paling dominan terdapat pada pengguna earphones aktif, serta archetype caregiver adalah yang paling dominan terdapat pada yang bersikap negatif terhadap earphones. Dengan hasil tersebut dapat digambarkan bahwa seseorang yang bersikap positif terhadap penggunaan earphones memiliki karakteristik yang kuat sebagai seseorang yang ingin bersenang-senang dan menikmati keadaan yang sedang mereka jalani dalam hidup ini. Sedangkan bagi yang bersikap negatif terhadap earphones cenderung ingin memberikan perhatiannya pada lingkungan sekitar, dan memiliki kepedulian terhadap apa yang orang lain pikirkan di sekitarnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.359375 second(s)