Archetype adalah struktur, tema atau karakter utama yang merepresentasikan diri seseorang, dimana struktur, tema atau karakter tersebut mempengaruhi cara individu mempersepsikan pengalamannya dan menggambarkan kebutuhan dasar individu yang berusaha dipenuhi (Pearson,1991; Pearson&Marr, 2002). Archetype memiliki banyak kegunaan antara lain untuk mengenal diri sendiri, untuk dunia bisnis dan marketing. Oleh karena itu ada alat ukur yang mengukur archetype yaitu Heroic Myth Index (HMI). HMI mengukur archetype yang aktif dalam diri seseorang berdasarkan kepribadian. HMI belum mampu mengukur archetype berdasarkan aktivitas, mengapa berdasarkan aktivitas dirasa lebih penting. Mengukur archetype berdasarkan kepribadian masih banyak kekurangan, contoh orang yang bekerja sebagai direktur memiliki archetype Ruler akan tetapi ketika dirinya pulang ke rumah maka ia memiliki archetype caregiver, sehingga archetype tersebut berubah dalam waktu kurang dari satu hari. Berdasarkan contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas mempengaruhi pemaknaan seseorang terhadap aktivitas tersebut. Mengukur pemaknaan archetype berdasarkan aktivitas memiliki banyak keuntungan. Diantaranya adalah dalam dunia bisnis, marketing, pembuatan program, membuat suatu acara dan lain sebagainya. Oleh karena itu peneliti akan membuat alat yang mengukur pemaknaan archetype berdasarkan aktivitas, sehingga dapat dilihat dengan aktivitas yang diberikan archetype apa yang aktif dalam diri seseorang. Peneliti akan memfokuskan pada satu archetype pada penelitian ini, yaitu archetype caregiver. Peneliti menamakan alat ukur yang mengukur archetype caregiver berdasarkan aktivitas adalah Activity-Archetype Battery Test Sub-Test Archetype Caregiver. Peneliti merasa perlu untuk menguji validitas dan realibilitas alat ukur tersebut. Metode yang digunakan untuk menguji validitas dan realibilitas adalah internal consistency, faktor analisis, convergent-discriminant dan discriminant validation. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i aktif psikologi Unika Atma Jaya Jakarta. Peneliti mengambil jumlah sampel sebanyak 250 orang dengan cara non random sampling dan melakukan pengambilan data secara klasikal. Berdasarkan hasil penghitungan, Activity-Archetype Battery Test Sub-Test Archetype Caregiver mampu mengaktifkan dan memanggil pemaknaan archetype caregiver dalam diri seseorang. |