Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:25 WIB
Detail
BukuProfil Makna Konotatif Merek Harley-Davidson pada Anggota Harley Owners Group Jakarta Chapter
Bibliografi
Author: DESIANI ; Nurrachman, Nani (Advisor); Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Persepsi Konsumen; Perilaku Konsumen; Makna Merek
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Desiani's Undergraduated Theses.pdf (304.88KB; 29 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1463
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Merek Harley-Davidson merupakan merek sepeda motor besar legendaris dengan harga beli yang mahal. Meskipun demikian, merek ini tidak menjanjikan kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan keamanan yang memanjakan para konsumennya. Namun mengapa para konsumennya tetap mengapresiasi merek Harley-Davidson secara positif. Para konsumen memiliki pengalaman dan kesan tertentu terhadap merek Harley-Davidson sehingga timbul penilaian positif sebagai konsumen motor Harley-Davidson. Padahal mereka telah mengenal dan mengetahui keterbatasan dan kekurangnyamanan karakteristik motor Harley-Davidson dibandingkan dengan moge merek lainnya. Keunikan perilaku para konsumen membuat peneliti ingin melihat profil makna konotatif anggota HOG JC (Harley Owners Group Jakarta Chapter) terhadap merek Harley-Davidson. Kesan-kesan para konsumen ini melekat pada merek Harley-Davidson setiap kali mereka mendengar maupun membacanya. Kesan-kesan tertentu yang melekat dalam benak seseorang mengenai suatu objek (dalam hal ini merek Harley-Davidson bagi para konsumennya) disebut makna konotatif. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai makna konotatif anggota HOG JC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner semantic differential scale yang disusun berdasarkan 3 dimensi utama. Responden penelitian ini merupakan anggota aktif HOG JC, dan diambil secara non-random dengan teknik accidental sampling. Proses penyusunan alat ukur menggunakan metode analisis faktor. Hasil penelitian didapatkan dengan pengolahan nilai rata-rata setiap item. Makna konotatif yang dimiliki para konsumen adalah: irit/boros, bangga, maskulin, cepat, bertenaga, bising, performa tinggi, kekar, asli, tampil eda, menarik, aktif, terampil, bebas. Ternyata para responden memilih motor Harley-Davidson karena hobi serta citra merek Harley-Davidson sehingga mereka rela mengeluarkan sejumlah besar uang. Aspek fungsi dari sepeda motor pada akhirnya bukan menjadi fokus makna konsumsi para konsumen, melainkan aspek kesenangan secara afeksi serta kebanggaan memiliki Harley-Davidson. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada para pemasar PT. Mabua Harley-Davidson dalam rangka promosi yang menonjolkan makna konotatif positif bagi para konsumennya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)