Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:11 WIB
Detail
BukuGambaran Makna Konotatif Terhadap Kartu GSM Prabayar Merek ”A” Pada Mahasiswa/i Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: NATHALIA, VILLY ; Sutoyo, Nani Indra Ratnawati Nurrachman (Advisor); Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Perilaku Konsumen; Persepsi Konsumen; Long Term Memory; Brand Image
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Villy Nathalia's Undergraduated Theses.pdf (475.95KB; 47 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1461
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
GSM prabayar merek ”A” merupakan layanan seluler yang memiliki pengguna terbesar dibandingkan layanan kartu prabayar merek yang lain. pengguna dari kartu GSM parabayar merek ”A” ini dominasi oleh mahasiswa. Provider kartu GSM prabayar merek ”A” muncul pertama kali pada tahun 1996. Namun sejak tahun 2007 mucul berbagai keluhan dari pengguna kartu GSM prabayar ini. Meskipun banyak keluhan yang muncul namun pengguna kartu GSM prabayar merek ”A” ini tetap menjadi yang terbesar, bahkan cenderung meningkat. Dimana pada umumnya jika banyak keluhan maka pengguna cenderung untuk tidak mau menggunakan lagi. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku seseorang untuk menggunakan suatu produk atau layanan adalah kebutuhan orang yang bersangkutan, atribut dari produk atau layanan tersebut seperti harga dan promosi. Faktor lainnya yang juga memengaruhi perilaku seseorang untuk menggunakan suatu produk adalah persepsi terhadap produk itu sendiri. Persepsi terhadap suatu produk membentuk image dari produk tersebut yang dikenal dengan istilah brand image. Brand image kemudian disimpan di dalam memory (long term memory). Merek (brand) sendiri merupakan gambaran karakteristik dari produk, yaitu nama merek, kemasan, harga, logo, slogan dan sebagainya. Kemudian brand image ini direfleksikan dalam bentuk asosiasi terhadap merek yang bersangkutan sehingga membentuk suatu makna (meaning) konotatif. Makna konotatif adalah suatu arti (konotasi) yang didapat oleh seseorang apabila ia melihat suatu tanda yang mewakilkan sutau objek berdasarkan pengalamannya. Dalam hal ini adalah nama merek yang mewakilkan karakteristik dari suatu produk atau layanan. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui makna konotatif terhadap nama merek kartu GSM prabayar ”A”. Studi ini dilakukan pada mahasiswa/i Universitas Katolik Undonesia Atma Jaya. Hal tersebut dikarenakan fenomena serupa juga terjadi pada mahasiswa universitas tersebut, di mana cukup banyak yang menggunakan dan mengakui adanya keluhan. Untuk mengetahui gambaran makna konotatif, peneliti menggunakan alat ukur semantic differential. Akat ukur ini membagi setiap polar ke dalam tiga dimensi, yaitu dimensi evaluasi, dimensi potensi dan dimensi aktivitas. Karakteristik partisipan penelitian ini adalah mahasiswa aktif Atma Jaya Jakarta dan menggunakan kartu GSM prabayar merek ”A”. Jumlah partisipan yang digunakan adalah sebanyak 133 mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)