Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Social Identity Karyawan Asing dan Karyawan Lokal pada PT SI-KY
Bibliografi
Author:
S, MARTHA POPPY YOSEPHIN
;
Dahesihsari, Rayini
(Advisor)
Topik:
Identitas Sosial
;
Social Identity
;
In-group Bias
;
Out-group Bias
;
Multinational Company
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2009
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Martha Poppy Yosephin Silitonga's Undergraduated Theses.pdf
(966.55KB;
64 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1460
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
PT SI-KY merupakan sebuah perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Keseluruhan saham perusahaan dimiliki oleh SI yang merupakan kontraktor gas dan minyak terbesar di Italia. Perusahaan ini mempekerjakan karyawan asing yang datang dari berbagai negara serta karyawan lokal. Interaksi karyawan asing khususnya yang berasal dari Italia dan Perancis dengan karyawan lokal di PT SI-KY ternyata berpotensi menciptakan hubungan antar kelompok karena perlakuan lebih baik yang diberikan oleh manajemen perusahaan terhadap karyawan asing serta perbedaan budaya yang mencolok di antara karyawan asing dan karyawan lokal tersebut. Selain itu status dan power karyawan asing yang lebih tinggi sebagai atasan membuat kategorisasi berdasarkan status sebagai karyawan asing dan karyawan lokal semakin bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran social identity karyawan asing dan karyawan lokal di PT SI-KY. Permasalahan penelitian yang ingin dijawab adalah apakah social identity para karyawan yang didasarkan pada status sebagai karyawan asing dan karyawan lokal menonjol dan apakah in-group bias (pandangan dan perlakuan yang lebih baik terhadap anggota kelompok) dan out-group bias (pandangan dan perlakuan yang lebih buruk terhadap bukan anggota kelompok) terjadi dalam persepsi karyawan lokal terhadap karyawan asing, begitu pula sebaliknya. Untuk menjawab permasalahan penelitian peneliti menggunakan teknik wawancara sebagai metode pengambilan data. Subjek yang diwawancarai terdiri dari 3 orang karyawan asing (berasal dari Italia dan Perancis) dan 3 orang karyawan lokal dengan teknik Maximun Variation Sampling. Berdasarkan hasil analisis tematik pada data yang dilakukan secara induktif, diketahui bahwa social identity berdasarkan status sebagai karyawan asing dan karyawan lokal menonjol pada para karyawan karena keseluruhan subjek menetapkan status sebagai karyawan asing atau karyawan lokal sebagai identitas sosial mereka. Hal ini kemudian mengakibatkan terjadinya hubungan antar kelompok. Selain itu diketahui bahwa ingroup bias dan out-group bias terjadi dalam persepsi karyawan lokal terhadap karyawan asing, serta sebaliknya. Melalui hasil penelitian didapati pula bahwa frekuensi interaksi antara karyawan asing dan karyawan lokal, posisi karyawan lokal (manajerial/non-manajerial), dan kemampuan karyawan asing dalam berbahasa Indonesia tidak mempengaruhi menonjol/tidaknya social identity para karyawan yang didasarkan pada status sebagai karyawan asing dan karyawan lokal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.296875 second(s)