Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:31 WIB
Detail
BukuHubungan Kepemilikan Alat Musik dengan Motivasi Berlatih Pada Anak yang Belajar Bermain Musik
Bibliografi
Author: CAKRAWIJAYA, ANGGARA P ; Tunjungsari, Laurentia Harini (Advisor)
Topik: Motivasi Berlatih Alat Musik; Middle Childhood
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Anggara P. Cakrawijaya's Undergraduated Theses.pdf (576.81KB; 47 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1455
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Diperlukan motivasi dalam diri seorang anak untuk mau berlatih alat musik di rumah. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi motivasi anak dalam berlatih alat musik di rumah adalah kepemilikan alat musik sendiri di rumah. Dengan memiliki alat musik sendiri di rumah anak akan cenderung menjadi lebih serius dan tidak merasa bahwa belajar bermain alat musik hanya coba-coba, yang dapat mempengaruhi perkembangan proses belajar anak. Pada kenyataannya, tidak semua anak yang belajar bermain musik memiliki alat musik sendiri di rumah. Berdasarkan hal yang terjadi di lapangan, anak-anak yang tidak memiliki alat musik sendiri di rumah tetap termotivasi untuk berlatih alat musik di luar jam kursusnya dengan mencari tempat lain untuk tetap dapat berlatih, misalnya di rumah saudara, ataupun menyewa ruangan di tempat kursus mereka. Sebaliknya, pada anak-anak yang memiliki alat musik sendiri di rumah, bukan berarti mereka dapat lebih termotivasi untuk berlatih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki alat musik sendiri di rumah. Melihat adanya perbedaan dari sisi teori dan dari sisi yang terjadi di lapangan, maka peneliti ingin melihat apakah ada hubungan kepemilikan alat musik sendiri di rumah dengan motivasi berlatih alat musik pada anak yang belajar bermain alat musik. Alat tes dalam penelitian ini dibuat oleh peneliti, berupa kuesioner yang berbentuk skala dan terdiri dari 20 buah pernyataan mengenai self-report dari diri anak itu sendiri tentang bagaimana proses mereka berlatih alat musik di luar jam kursus yang akan dibandingkan dengan data mengenai kepemilikan alat musik pada anak. Karakteristik sampel pada penelitian ini adalah anak yang tinggal di Jakarta dengan rentang usia middle childhood (6-11 tahun) yang sedang mengikuti kursus salah satu alat musik seperti piano, keyboard, gitar, biola dan drum, paling tidak selama 6 bulan, serta memiliki atau tidak memiliki alat musik sendiri di rumah. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, kepemilikan alat musik sendiri di rumah tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi berlatih alat musik pada anak yang belajar bermain alat musik. Hal ini dikarenakan motivasi berlatih alat musik pada anak tidak hanya disebabkan oleh kepemilikan alat musik sendiri di rumah saja. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi motivasi berlatih alat musik pada anak yang belajar bermain alat musik, yaitu minat, serta pandangan anak akan pentingnya tugas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)