Anda belum login :: 23 Nov 2024 19:08 WIB
Detail
BukuKaitan Antara Persepsi Karyawan Lokal Terhadap Strategi Komunikasi Karyawan Jepang dengan Persepsi Karyawan Lokal Terhadap Integroup Relation (Studi di PT. N)
Bibliografi
Author: AMELIA, AGNES ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Persepsi Karyawan Lokal; Strategi Komunikasi; Communication Accommodation Theory
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Agnes Amelia's Undergraduated Theses.pdf (673.22KB; 59 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1435
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Saat ini banyak perusahaan Multinasional di Indonesia yang mempekerjakan karyawan asing dan karyawan lokal dalam satu perusahaan. Hal ini kemudian menyebabkan banyak ditemuinya relasi kerja antara karyawan lokal dan karyawan asing. Salah satu perusahaan yang mempekerjakan karyawan asing dan karyawan lokal dalam satu perusahaan adalah PT. N. Di PT. N terdapat Divisi Teknis yang menangani pembuatan cat. Di dalam divisi ini terdapat 4 orang karyawan Jepang bekerja sama dengan karyawan lokal lainnya untuk menangani pembuatan cat tersebut. Dalam relasi kerja antara karyawan asing dengan karyawan lokal (sebagaimana ditemui pada relasi kerja antara karyawan lokal dengan karyawan Jepang di PT. N), permasalahan-permasalahan mengenai relasi kerja dan komunikasi kerap ditemui. Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh identitas sosial yang berbeda antara karyawan asing dan karyawan lokal. Berkaitan dengan hal tersebut, komunikasi dapat menjembatani perbedaan identifikasi sosial tersebut. Selain itu karyawan lokal sebagai ‘tuan rumah’ juga mempunyai peran penting untuk menyediakan dukungan sosial bagi karyawan asing, oleh karena itu persepsi karyawan lokal dianggap penting dan akan diukur dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, karena peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi karyawan lokal terhadap strategi komunikasi yang digunakan oleh karyawan Jepang, dengan persepsi karyawan lokal terhadap karyawan Jepang di Divisi Teknis PT. N. Peneliti menggunakan 2 alat ukur, yaitu kuesioner Communication Accommodation Theory yang mengukur penggunaan strategi komunikasi Approximation, Interpretability, Discourse Management, dan Interpersonal Control karyawan Jepang, dan kuesioner Intergroup Relation yang mengukur persepsi karyawan lokal terhadap karyawan lokal lainnya dan persepsi karyawan lokal terhadap karyawan Jepang. Karakteristik sampel pada penelitian ini adalah karyawan lokal yang bekerja sama dan berinteraksi secara rutin dengan karyawan Jepang, sebanyak 20 orang. Karena kebijakan perusahaan yang mengharuskan pengambilan data satu kali, maka peneliti menggunakan uji coba terpakai. Hasil uji hipotesis merujuk pada koefisien korelasi 0.485, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi karyawan lokal terhadap strategi komunikasi karyawan Jepang dengan persepsi karyawan lokal terhadap karyawan Jepang. Hasil uji hipotesis lainnya juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi karyawan lokal terhadap karyawan lokal lainnya, dan persepsi karyawan lokal terhadap karyawan Jepang di Divisi Teknis PT. N.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)