Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Strategi Belajar antara Mahasiswa dengan Prestasi Tinggi, Prestasi Sedang, dan Prestasi Rendah Pada Mata Kuliah Statistik I (Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta)
Bibliografi
Author:
Stephanie
;
Pandia, Weny Savitry S.
(Advisor)
Topik:
Pembelajaran di Perguruan Tinggi
;
Strategi Belajar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Stephanie's Undergraduated Theses.pdf
(685.94KB;
101 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1425
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Mata kuliah Statistik I merupakan mata kuliah paling dasar yang menjadi prasyarat bagi banyak mata kuliah lain di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Namun data yang ada menunjukkan bahwa tingkat ketidaklulusan mahasiswa pada mata kuliah Statistik I terbilang tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan tingginya angka ketidaklulusan pada mata kuliah Statistik I adalah sulitnya berkonsentrasi, sulit mengatur waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas, dan konsep hitungan statistika yang dirasa sulit. Semua faktor tersebut merupakan strategi belajar. Dapat dikatakan penyebab tingginya ketidaklulusan adalah karena mahasiswa belum mengetahui strategi belajar yang tepat untuk digunakan dalam mata kuliah Statistik I. Strategi belajar merupakan segala macam cara yang digunakan oleh seseorang untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan. Strategi belajar yang digunakan tersebut mulai dari cara mendengarkan dosen, mengikuti perkuliahan, belajar kelompok, belajar mandiri, mengatur waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas, hingga mempersiapkan ujian dan mengikuti ujian. Strategi belajar berhubungan positif dengan prestasi belajar. Semakin baik penggunaan strategi belajar, maka prestasi belajar yang dihasilkan pun akan semakin baik pula. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui perbedaan strategi belajar mata kuliah Statistik I antara mahasiswa dengan prestasi tinggi, prestasi sedang, dan prestasi rendah. Untuk mengetahui penggunaan strategi belajar mahasiswa, peneliti menggunakan alat ukur LASSI (Learning and Style Strategies Inventory). Terdapat 10 komponen strategi belajar yang dapat diukur dengan menggunakan LASSI. Karakteristik subyek dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang merupakan peserta mata kuliah Statistik I pada semester Ganjil 2009/2010. Jumlah subyek yang digunakan adalah 170 orang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan strategi belajar antara mahasiswa dengan prestasi tinggi, prestasi rendah, dan prestasi sedang. Tingkat penggunaan kesepuluh komponen strategi belajar termasuk dalam kategori sedang. Tiga komponen yang tingkat penggunaannya paling tinggi adalah alat bantu belajar, motivasi, dan sikap. Sedangkan tiga komponen yang paling rendah tingkat penggunaannya adalah uji diri, strategi dalam ujian, dan kecemasan. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan agar kelak mahasiswa dapat menggunakan strategi belajar dalam mata kuliah Statistik I dengan lebih baik lagi, sehingga dapat mengurangi tingkat ketidaklulusan dalam mata kuliah tersebut dan meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.375 second(s)