Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:12 WIB
Detail
BukuSikap Guru terhadap Bullying Antar Siswa di SMK Bonavita Tangerang
Bibliografi
Author: YUSTINA, SHERLY ; Mamesah, Michiko (Advisor)
Topik: Sikap Guru; Bullying
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sherly Yustina's Undergraduated Theses.pdf (497.65KB; 75 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-403
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sikap adalah kecenderungan individu untuk bereaksi terhadap suatu objek yang dihadapi dengan disertai interaksi antara pemikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan tindakan (behavior/konatif). Guru dapat diartikan sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik, berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didik baik secara individu maupun klasikal di sekolah maupun di luar sekolah. Guru tidak hanya sebagai pengajar (transfer of knowledge) tetapi juga sebagai pendidik (transfer of value) dan pembimbing yang menuntun siswa. Bullying adalah penggunaan kekuasaan untuk melakukan perilaku agresif yang berulang-ulang baik secara fisik maupun psikis kepada seseorang atau sekelompok orang yang lebih lemah sehingga orang tersebut merasa tertekan, trauma dan tidak berdaya. Bullying secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk yaitu bullying secara fisik, verbal, dan psikologis. Perilaku ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari internal maupun faktor eksternal, seperti lingkungan sekolah dan keluarga. Pada akhirnya bullying dapat memberikan dampak bagi pelaku, korban, maupun saksi, meskipun korban akan menjadi pihak yang paling dirugikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sikap guru terhadap bullying antar siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMK Bonavita Tangerang. Subjek penelitian sebanyak 30 orang guru SMK Bonavita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan skala sikap tipe Likert. Instrument terdiri dari 60 pernyataan. Setelah dilakukan ujicoba empiris dengan hasil uji coba terpakai diperoleh 42 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0.919. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyikapi secara baik bullying antar siswa yang terjadi di sekolah. Guru memahami dan menyadari pengertian perilaku bullying, bentuk, penyebab, dan akibat bullying. Guru memiliki keinginan untuk mencari tahu, menangani dan menentukan cara yang tepat untuk menangani perilaku bullying. Oleh sebab itu, kepala sekolah dan seluruh dewan guru harus tetap mempertahankan sikap guru yang menanggapi secara baik bullying antar siswa dengan menambah pelatihan dan seminar mengenai bullying agar semakin menambah pengetahuan para guru. Dalam hal ini sekolah juga dapat semakin meningkatkan kepekaan guru terhadap bullying dengan mengadakan survey pada siswa, diskusi terbuka dengan orang tua, dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan penanganan dan pecegahan terhadap bullying antar siswa .
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)