Gaya sosial merupakan hasil perpaduan dari dimensi asertivitas dan responsivitas yang meliputi 4 tipe yaitu analytical, amiable, expressive dan driver. Setiap gaya pada masing-masing tipenya tampak pada pola tingkah laku seseorang yang muncul secara konsisten pada waktu berinteraksi dengan orang lain. Pertemuan dan relasi seseorang dengan orang lain di dalam bidang usaha asuransi akan dapat menghasilkan suatu produktivitas yang dinilai sebagai hasil kinerja dari agen yang diukur dengan NAC ( Nett Annualized Comission). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang tipe-tipe gaya sosial yang dimiliki agen Asuransi Jiwa Manulife Financial (AJMF), penilaian produktivitas agen AJMF, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara 4 tipe gaya sosial (analitikal, amiabel, driver, ekspresif) dengan produktivitas yang dihasilkan oleh agen AJMF. Populasi penelitian ada sebanyak 90 orang agen AJMF dari distrik Red Glow di Jakarta. Sampel penelitian sebanyak 31 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian adalah kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian yaitu skala penilaian yang berisi 25 butir item pernyataan yang valid dan mencakup 4 tipe gaya sosial, 12 butir dimensi asertivitas yang valid dengan r=0.830 dan 13 butir dimensi responsivitas yang valid dengan r=0.856. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa responden AJMF memiliki keempat tipe gaya sosial yaitu tipe amiabel 18 responden = 58.1%, tipe ekpresif 9 responden = 29%, tipe analitikal 3 responden = 9.7%, tipe driver 1 responden = 3.2% Produktivitas/NAC rata-rata per tahun, N= 31 607.449, SD=622.087, tipe amiabel=727.091, SD=776.365, tipe analitikal=564.874, SD=368.996, tipe driver^ 437.516, SD tidak ada, tipe ekspresif = 401.238, SD=228.073 Korelasi antara dimensi asertivitas dengan produktivitas untuk seluruh sampel maupun masing-masing tipe tidak signifikan pada taraf signifikansi 5% yaitu: n=31 (-0.349), n=3 (-0.656), n=18 (-0.390), n=9 (0.040), n=l (tak ada) Korelasi antara dimensi responsivitas dengan produktivitas untuk seluruh sampel maupun masing-masing tipe tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%, n=31(0.146), n=3 (0.997), n=18 (0.245),n=9 (0.250),n=l(tak ada) Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara 4 tipe gaya sosial dengan produktivitas, karena rhit |