Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:33 WIB
Detail
BukuGambaran Stress, Coping Stress, Dukungan Sosial yang Dipersepsikan Diterima, Prestasi Belajar, dan Evaluasi Pembekalan pada Mahasiswa Angkatan 2008 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ), Jakarta
Bibliografi
Author: Shanti, Theresia Indira ; Syamsidi, Jessyca
Topik: Stress; Coping Stress; Dukungan Sosial yang Dipersepsikan Mahasiswa; Prestasi Belajar; Materi Pembekalan Mahasiswa Tahun Pertama
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Papers/Makalah - pada seminar nasional
Fulltext: Gambaran Stress, Coping Stress, Dukungan Sosial.pdf (137.0KB; 191 download)
Abstract
Seiring dengan perubahan tuntutan dan lingkungan yang dialami, mahasiswa tingkat pertama harus melakukan penyesuaian diri, untuk dapat menghasilkan prestasi belajar optimal. Upaya membantu penyesuaian diri terhadap kehidupan sebagai mahasiswa UAJ dilakukan dengan mengadakan ”Pembekalan Mahasiswa Baru” setiap beberapa hari pertama tahun ajaran baru, sejak tahun 2003. Sayangnya, belum pernah dilakukan penelitian sistematis untuk mengetahui manfaat materi tersebut pada mahasiswa yang sudah hampir 1 tahun kuliah di UAJ. Penelitian ini difokuskan pada stress, coping stress, dan kaitannya dengan prestasi belajar, serta dukungan sosial yang dipersepsikan diterima mahasiswa yang berperan, dan evaluasi pembekalan pada mahasiswa angkatan 2008 untuk mempertajam intervensi yang sebaiknya dilakukan terhadap mahasiswa tingkat pertama UAJ.
Dari penelitian yang mengolah 272 data responden yang berasal dari 10%-15% jumlah mahasiswa di masing-masing fakultas, diketahui bahwa stress pada masing-masing komponen kehidupan mahasiswa tingkat pertama berhubungan secara negatif dan signifikan dengan IPK (indeks prestasi kumulatif). Problem focused coping berhubungan secara positif dan signifikan dengan stress pada masing-masing komponen kehidupan mahasiswa tingkat pertama. IPK memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan emotion focused coping. Sebagian besar responden yang memiliki tingkat stress rendah dan sedang memakai coping self control. Sedangkan sebagian besar responden yang memiliki tingkat stress tinggi memakai coping confrontative coping. Berdasar kategori IPK, diperoleh gambaran coping dan gambaran prosentase dukungan sosial yang dipersepsikan diterima mahasiswa. Materi pembekalan yang dipersepsikan paling bermanfaat adalah ”Gaya dan Strategi Belajar”; dan yang dipersepsikan paling tidak bermanfaat adalah ”Aku, Kampus, dan NAPZA”.
Dalam diskusi dan saran, diantaranya dibahas mengenai rekomendasi materi dan bentuk intervensi dalam memperhatikan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama UAJ.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)