Anda belum login :: 25 Nov 2024 04:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Profil Kecakapan Hidup Anak Kelas I SD “ X “ Serpong Tangerang
Bibliografi
Author:
PURNAMAWATI, YULIANA IDA
;
Wanei, Gerda K.
(Advisor)
Topik:
Kecakapan Hidup
;
Life Skill
;
Kemandirian
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2009
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yuliana Ida Purnamawati's Undergraduatd Theses.pdf
(348.57KB;
4 download
)
Yuliana Ida Purnamawati-PENDUKUNG.pdf
(1.46MB;
0 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-105
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai anak yang sangat tergantung pada orang lain dan mengalami kesulitan dalam melakukan tugas-tugas kecakapan hidupnya. Ketergantungan pada orang lain dan kesulitan dalam melaksanakan tugas-tugas kecakapan hidup diduga karena kurangnya kemandirian yang dimiliki anak. Kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan yang wajar tanpa merasa tertekan. Kemandirian adalah mampu berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecakapan hidup siswa kelas I C SD “ X “ Serpong Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa kelas I C SD “ X “ Serpong Tangerang.
Untuk memperoleh gambaran awal peneliti melakukan survey dengan menggunakan tes dalam bentuk gambar yang berjumlah 20 butir gambar. Hasil yang diperoleh 50% siswa sudah memiliki kemampuan dalam melaksanakan kecakapan hidupnya dan 50% siswa belum memiliki kemampuan dalam melaksanakan kecakapan hidupnya. Alat ukur yang digunakan adalah skala penilaian untuk mengukur variabel kecakapan hidup.
Setelah melakukan pendekatan dan pengarahan kepada siswa yang belum menguasi kecakapan hidupnya , peneliti memberikan tes yang ke-2 dalam bentuk peryataan verbal. Dari tes yang dilakukan diperoleh hasil bahwa ± 84% siswa kelas I SD SD “ X “ Serpong Tangerang memiliki kecakapan dalam melaksanakan kecakapan hidupnya. Sedangkan ± 17% siswa yang belum memiliki kecakapan dalam melaksanakan kecakapan hidupnya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain anak selalu dilayani oleh baby sister, anak terlalu dimanja, anak dari keluarga mampu atau anak tunggal sehingga anak tidak dibiasakan untuk melakukan pekerjaannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa belum semua siswa kelas I C SD “ X “ Serpong Tangerang memiliki kemandirian terhadap kecakapan hidupnya. Saran peneliti untuk guru SD “ X “ Serpong Tangerang diharapkan memiliki gambaran mengenai pentingnya kemandirian agar dapat melaksanakan kecakapan hidup, sehingga mampu membantu siswa-siswi lebih mandiri dalam melaksanakan kecakapan hidup secara optimal. Kepala Sekolah juga diharapkan mendapatkan informasi agar dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa yang berkaitan dengan kemandirian terhadap kecakapan hidup. Kepala Sekolah dan guru diharapkan dapat bekerja sama ikut terlibat dan mendukung untuk membantu siswa agar lebih mandiri, sehingga dapat melakukan kecakapan hidup dengan lebih baik lagi. Saran untuk Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, diharapkan dapat menambah informasi mengenai pentingnya kemandirian terhadap kecakapan hidup agar dapat menambah literatur dalam matakuliah Pendidikan Anak Usia Dini. Saran untuk orang tua diharapkan dapat membina kerjasama dengan pihak sekolah untuk mendukung perkembangan anak dalam melaksanakan kecakapan hidupnya. Kecakapan hidup merupakan variabel penting bagi siswa SD kelas I agar proses belajar lebih berhasil dan mampu berkomunikasi dengan guru dan teman-teman.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)