Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:51 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Benda Pada Siswa Kelas IVB SD. Damai.
Bibliografi
Author: MARITO ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Model Pembelajaran Inkuiri; Pembelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-99
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk menginvestigasi dan menyelidiki melalui tahap penyajian masalah, verifikasi data atau pengumpulan data, melakukan eksperimen dan menguji secara langsung, serta mengadakan analisis tentang proses inkuiri dalam menyelidiki sifat benda tersebut. Pemahaman konsep merupakan pemahaman akan satuan arti atau gagasan di mana dalam pengorganisasian dan mengolah data melibatkan proses berpikir. Pembelajaran IPA dalam penelitian ini merupakan suatu pembelajaran yang ditentukan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung dalam memahami konsep sifat benda.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat benda pada siswa kelas IVB SD. Damai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD. Damai yang berjumlah 34 orang siswa, serta peneliti dan dua observer.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Pada siklus I siswa dilatih untuk dapat mengidentifikasi dan membedakan sifat benda padat dan gas. Pada siklus II siswa dilatih untuk dapat memperkirakan dan menjelaskan sifat benda cair. Hasil dari nilai rata-rata tes awal pada siklus I yaitu 64,85 dan nilai rata-rata tes akhir pada siklus II yaitu 83,58 hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat benda pada siswa kelas IVB SD Damai. Selain itu instrumen minat digunakan untuk melihat minat siswa terhadap pembelajaran IPA. Jadi disarankan bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)