Di zaman era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan pemrosesan informasi, dunia usaha menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Perusahaan tidak dapat lagi memenangkan persaingan hanya dengan unggul dalam strategi harga dan biaya, namun kualitas suatu produk atau jasa juga memegang peranan penting. Perusahaan semakin dituntut untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dalam menciptakan produk berkualitas. PT Central Aneka Busana telah mengivestasikan dana untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tetapi belum membukukan biaya kualitas tersebut dalam perkiraan khusus. Pada tahun 2005, Quality Cost Report menunjukkan biaya kualitas sebesar Rp 262.895.427,59 atau sebesar 1,39% dari total penjualan tahun 2005. Optimal Quality Cost tahun 2005 pada zone of improvement project. Hal ini menunjukkan perusahaan masih belum dapat mengendalikan dan mengurangi produk gagal, karena masih banyaknya failure costs yang ditanggung oleh perusahaan. Kemudian pada tahun 2006, perusahaan mulai meningkatkan kegiatan prevention dengan berfokus pada prototype inspection yang menyebabkan penurunan failure cost. Quality Cost Report menunjukkan biaya kualitas tahun 2006 sebesar Rp 273.279.862,24 atau sebesar 1.28% dari total penjualan tahun 2006. Optimal Quality Cost tahun 2006 pada zone of indifference, dimana perusahaan sebenarnya sudah dapat memfokuskan pengawasan kualitas pada proses produksi yang telah berjalan agar kualitas yang ada dapat dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Namun pada tahun 2007, perusahaan melakukan kegiatan appraisal berupa checking labor yang menyebabkan penurunan failure cost tetapi meningkatkan biaya quality cost. Quality Cost Report menunjukkan biaya kualitas tahun 2007 adalah sebesar Rp 285.019.055,12 atau sebesar 1,13% dari total penjualan tahun 2007. Optimal Quality Cost tahun 2007 pada zone of high appraisal cost, pada titik ini perusahaan memiliki kesempatan untuk mengurangi quality cost dengan mengurangi non value added activity seperti mengurangi jumlah test dan inspeksi. |