Pada situasi sekarang ini, kebutuhan akan informasi sangatlah penting dalam semua bidang Khususnya dalam memenangkan persaingan yang semakin ketat. Mengacu pada peranan perdagangan yang semakin besar, perusahaan perlu diorganisir secara lebih baik agar dapat terus bertahan dan berkembang dalam perekonomianyang penuh persaingan. Perusahaan asuransi adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang yang mengandung suatu risiko kerugian yang cukup besar, maka seringkalinya terjadi klaim-klaim dari pemegang polis yang ditujukan kepada perusahaan asuransi sehubungan dengan kerugian-kerugian yang dideritanya. Dalam tulisan ini, penulis menganalisa perusahaan yang bergerak di bidang asuransi mengenai evaluasi pengendalian internal atas penyelesaian klaim asuransi jiwa pada PT X dengan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dari wawancara tersebut, kesimpulan dapat di tarik bahwa pengendalian internal atas penyelesaian klaim asuransi jiwa yang diterapkan oleh PT X di nilai baik dan memadai. Hanya saja ada kelemahan yang ditemukan penulis pada pemisahan tugas dalam pembukuannya yaitu tidak adanya pembagian tugas dan wewenang. |