Banyaknya merek teh celup yang beredar di Indonesia saat ini, membuat merek-merek yang ada dalam pasar saling bersaing untuk mendapatkan konsumen. Persaingan merek yang sedemikian ketat mendorong produsen bersaing untuk memperkuat posisi nama mereknya dalam benak konsumen. Melihat bahwa sekarang ini banyak bermunculan merek teh celup baru yang semakin variatif, maka penulis melakukan penelitian ekuitas merek terhadap produk teh celup SariWangi. Penelitian ini mencakup empat variabel yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, dan loyalitas merek. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 karyawan di Unika Atma Jaya. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan overall mean score. Hasil penelitian menunjukkan teh celup SariWangi sebagai top of mind. Keseluruhan atribut asosiasi merek teh celup SariWangi yaitu teh celup SariWangi rasanya enak, alami, tidak pahit di tenggorokan, harum dan merupakan produk terkenal. Atribut kesan kualitas jika dilihat dari berbagai atributnya, konsumen menilai bahwa kesan kualitas atau keunggulan dari produk teh celup SariWangi secara keseluruhan adalah baik. Dan untuk variabel loyalitas merek diketahui bahwa responden mengonsumsi teh celup SariWangi karena mereka menyukai merek teh celup SariWangi (liking the brand). |