Di dalam dunia perbankan yang semakin kompetitif sekarang ini, hubungan yang tetap harmonis dengan nasabah serta adanya upaya meningkatkan kepuasan nasabah sangat diperlukan untuk dapat terus membuat bisnis perusahaan berjalan dan pada akhirnya akan meningkatkan laba. Salah satu upaya adalah dengan memaksimalkan fungsi customer service. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apakah semua usaha yang dilakukan oleh bagian ini telah dilaksanakan dengan baik, sehingga tujuan semula dapat tercapai? Karenanya diperlukan suatu pembahasan yang cukup komprehensif untuk menilai apakah customer service sudah menjalankan fungsinya dengan efisien dan efektif, yang dapat diberikan oleh audit manajemen. Audit manajemen dilakukan dengan dua metode pengumpulan data, yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Penulis membuat suatu kuesioner pengendalian intern dan melakukan uji ketaatan untuk mengetahui keadaan pengendalian intern perusahaan. Hasil audit manajemen menunjukkan bahwa fungsi customer service Bank X telah cukup efektif dan efisien dalam pelaksanaannya, sehingga para nasabah Bank X umumnya merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, ada beberapa temuan kelemahan yang diperoleh selama proses audit manajemen, oleh karena itu penulis memberikan saran-saran perbaikan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi customer service. |