Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan analisis CVP di perusahaan sepatu Yongki Komaladi agar perusahaan tersebut dapat merencanakan laba dan mengambil keputusan dengan tepat. Penulis melakukan penelitian melalui studi kasus pada perusahaan sepatu Yongki Komaladi yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai data biaya dan penjualan tahun 2007 sebagai dasar untuk melakukan analisis CVP. Data tersebut yang digunakan perusahaan untuk membuat anggaran biaya dan proyeksi penjualan tahun 2008. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pada tahun 2008 besarnya titik impas adalah sebesar Rp 20.536.909.200,00 atau 154.181 unit. Perusahaan mencapai tingkat penjualan sebesar 464.700 unit atau Rp 61.899.380.000,00 dengan MOS ratio sebesar 66,81 %, DOL sebesar 0,38 x, dan memperoleh laba sebelum pajak sebesar Rp 31.384.582.771,00. Besarnya SDP pada tahun 2008 adalah sebesar 153.475 unit atau Rp 20.442.870.000,00. Pendapatan yang dicapai tahun 2008 lebih besar dari SDP, ini berarti perusahaan masih dapat melanjutkan usahanya karena memperoleh cash profit sebesar Rp 8.023.380.500,00. |