Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:10 WIB
Detail
BukuPenerapan Pendekatan Whole Language untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Tarakanita 2 Jakarta
Bibliografi
Author: DEWAYANI, MARIA RATNA ; Luciana (Advisor)
Topik: Komponen Keterampilan Bahasa; Penilaian Hasil Belajar; Perkembangan Bahasa; Whole Language
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Ratna Dewayani's Undergraduated Theses.pdf (352.4KB; 22 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-89
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tanggapan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia menunjuk pada pendapat siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia. Hasil belajar adalah kemampuan – kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya sehingga dapat memberikan gambaran perkembangan belajar siswa. Kemampuan yang dimiliki siswa terlihat dalam bentuk nilai. Pendekatan whole language merupakan pendekatan belajar bahasa, di mana kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan secara terpadu antara keterampilan mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Pengertian terpadu tidak menunjuk pada penerapan keempat keterampilan berbahasa dalam satu kali tatap muka. Terpadu diartikan sebagai suatu proses kesinambungan dalam pembelajaran empat keterampilan berbahasa dalam satu tema tertentu.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dan mengubah persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas III di SD Tarakanita 2 Jakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IIIC Tarakanita 2 Jakarta. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama terbagi dalam tiga pertemuan yang menerapkan pendekatan Whole Language yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dan mengubah persepsi Siswa terhadap bahasa Indonesia. Siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan yang menerapkan pendekatan Whole Language bertujuan untuk pengayaan dari siklus pertama yang telah mencapai tujuan. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa perkembangan keterampilan berbahasa itu tidak dicapai dalam waktu singkat dan tidak berhenti pada satu titik tetapi membutuhkan proses untuk terus berkembang.
Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang nampak pada hasil pre tes dan pos tes serta peningkatan persentase keterampilan berbahasa. Selain itu persepsi siswa menjadi lebih positif terhadap pelajaran bahasa Indonesia yang terungkap melalui hasil angket, wawancara, dan jurnal siswa.
Penerapan pendekatan Whole Language membantu siswa untuk terlibat dalam interaksi secara aktif selama proses pembelajaran, senang mencoba, dan praktik berbahasa tanpa takut kritikan serta mengembangkan keterampilan berbahasa secara menyeluruh. Guru hendaknya menyiapkan materi, metode, teknik, sarana dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang komprehensif sehingga pendekatan Whole Language yang diterapkan dapat membantu siswa mencapai hasil belajar secara optimal dan memiliki tanggapan yang positif terhadap pelajaran bahasa Indonesia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)