Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:53 WIB
Detail
BukuAnalisis Hubungan Intellectual Capital dan Business Performance Dalam Penciptaan Nilai Bagi Perusahaan
Bibliografi
Author: Petronila, Thio Anastasia (Advisor); Mukhlasin (Advisor); SETIANA ; HAGARI, ANGGI
Topik: Definisi Modal Intelektual (Intellectual Capital); Pengukuran Intellectual Capital; Kinerja Bisnis (Business performance); Intellectual Capital dan Business Performance
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-3758
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perusahaan saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan globalisasi, inovasi teknologi, dan persaingan sehingga perusahaan dipaksa mengubah
cara mereka menjalankan bisnisnya agar dapat terus bertahan dan berkembang dengan cepat. Pada masa transisi dari masyarakat industri ke masyarakat informasi dan pengetahuan (information and knowledge society), basis
pertumbuhan perusahaan secara berangsur-angsur (gradual) berubah dari
aktiva berwujud (tangible assets) menjadi aktiva tidak berwujud (intangible
assets). Intangible assets menjadi faktor yang sangat penting untuk menambah
nilai perusahaan salah satunya yaitu modal intelektual (intellectual capital).
modal intelektual adalah sumber daya perusahaan yang berbasis pengetahuan
yang menjadi dasar kompetisi perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Intellectual capital dibagi menjadi tiga komponen utama, yaitu (1) human capital
yang mencakup pengetahuan dan keterampilan pegawai; (2) structural capital
yang mencakup teknologi dan infrastruktur informasi yang mendukungnya; (3)
customer capital yang mencakup membangun hubungan yang baik dengan
pelanggan. Ketiga elemen ini akan berinteraksi secara dinamis dan terusmenerus
sehingga akan menghasilkan nilai bagi perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris tentang
hubungan antara human capital dengan structural capital; mendapatkan bukti
empiris tentang hubungan antara structural capital dengan business performance; mendapatkan bukti empiris tentang hubungan antara human
capital dengan customer capital; dan mendapatkan bukti empiris tentang
hubungan antara customer capital dengan business performance. Penelitian ini
dilakukan terhadap perusahaan manufaktur dan jasa yang berada di daerah
Jabodetabek. Data dikumpulkan melalui daftar pertanyaan (kuesioner) dan
pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Model (SEM)
dengan program AMOS 16.0, dengan nilai Critical Ratio (CR) tabel yang
ditetapkan 2,58 dan nilai signifikansi yang ditetapkan 1%.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) human capital berhubungan
secara positif dengan structural capital, (2) structural capital tidak berhubungan
secara positif dengan business performance, (3) human capital berhubungan
secara positif dengan customer capital, (4) customer capital berhubungan
secara positif dengan business performance.
Agar hasil penelitian dapat diperoleh lebih baik, maka dalam penelitian
selanjutnya perlu menambah jumlah responden yang dijadikan sampel,
memfokuskan objek penelitian pada tingkat grup tertentu, menambah variabelvariabel
yang digunakan dalam menilai modal manusia, modal pelanggan,
modal struktural dan kinerja bisnis. Selain itu perusahaan yang diteliti juga perlu
melakukan perbaikan terhadap modal intelektual baik dari modal manusia,
modal pelanggan maupun modal struktural.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)