Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, khususnya rumah sakit, hubungan antara perusahaan dan pelanggan/pasien menjadi tolak ukur yang sangat penting. Seiring dengan semakin ketat persaingan dalam dunia bisnis ini, perusahaan harus tetap mampu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Perusahaan akan melakukan berbagai usaha guna bertahan dan memenangkan kompetisi untuk memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak. Fungsi customer service merupakan salah satu ujung tombak yang dapat membuat suatu perusahaan mampu bertahan dalam dunia persaingan yang ketat, mengingat hubungan antara penjual dan pelanggan akan tetap berlanjut pada masa setelah terjadinya penjualan. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk melakukan audit manajemen atas fungsi customer service supaya dapat menilai secara jelas dan obyektif apakah fungsi customer service berjalan secara efektif dan efisien. Audit manajemen dilakukan dengan dua metode pengumpulan data, yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Penulis membuat suatu kuesioner pengendalian internal dan melakukan uji ketaatan untuk mengetahui keadaan pengendalian internal perusahaan. Selain itu, penulis juga membuat suatu kuesioner untuk mengetahui feedback dari pelanggan. Hasil audit manajemen menunjukkan bahwa fungsi customer service Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta telah dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga para pelanggan secara umum merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, ada beberapa temuan negatif yang diperoleh. Oleh karena itu, penulis memberikan saran perbaikan yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi customer service. |