Anda belum login :: 27 Nov 2024 02:03 WIB
Detail
BukuAudit Manajemen atas Fungsi Klaim pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Jakarta Barat (Management Audit of Claim Function at PT. Asuransi Jiwasraya West Jakarta Branch)
Bibliografi
Author: INAWATY HANDOYO (Advisor); WIWIEN
Topik: Audit Manajemen; Pengendalian Intern; Asuransi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-3745
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam menjalani suatu kehidupan, manusia mengalami segala macam resiko, seperti resiko kematian, kecelakaan, kebakaran, dan
sebagainya. Salah satu cara yang dilakukan manusia untuk mengantisipasi terjadinya resiko adalah dengan melalui asuransi. Penulis memilih kegiatan fungsi klaim di PT. Asuransi Jiwasraya
cabang Jakarta Barat sebagai pembahasan skripsi ini karena kegiatan pembayaran klaim merupakan kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan asuransi. Kecepatan dan kelancaran pembayaran klaim merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh klien untuk memilih perusahaan asuransi. Penulis melakukan audit manajemen menggunakan prosedurprosedur
audit manajemen dan kerangka audit manajemen yang meliputi penilaian tujuan, evaluasi perencanaan, menilai organisasi dan menganalisa pengendalian. Dalam pelaksanaan proses audit
penulis melakukan wawancara, pengamatan, pemeriksaan dokumen dan tes ketaatan (Compliance Test) dengan menggunakan daftar
pertanyaan (Internal Control Questionnaire) sebagai sarana dalam melakukan analisa dan evaluasi terhadap sistem pengendalian intern
atas fungsi klaim. Tujuan fungsi klaim telah menunjang tujuan cabang dan ditetapkan
secara realistis. Tingkat pelayanan (Service Level) dari fungsi klaim mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Rencana kerja mendukung tercapainya tujuan fungsi klaim. Kualitas dan jumlah staff
tenaga kerja telah mendukung fungsi klaim dalam mencapai tujuannya. Pengendalian intern dalam penerimaan dan pembayaran klaim juga telah cukup dan efektif. Dengan demikian penulis menarik
kesimpulan bahwa fungsi klaim di PT. Asuransi Jiwasraya cabang Jakarta Barat telah dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Meskipun demikian masih ada kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan prosedurnya antara lain berkas klaim yang diproses tidak dilengkapi secara konsisten, berkas klaim yang telah diproses tidak diarsipkan
dengan rapi, tujuan / sasaran belum dinyatakan secara tertulis, tingkat produktivitas menurun karena berkurangnya jumlah klaim yang diajukan. Penulis memberikan rekomendasi untuk eningkatkan efektifitas dan efisiensi fungsi klaim pada PT. Asuransi Jiwasraya cabang Jakarta Barat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)