Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:16 WIB
Detail
BukuGambaran Rasa Percaya Konsumen Terhadap Electronic Commerce
Bibliografi
Author: PANTOU, ELISA ; Murniati, Juliana (Advisor)
Topik: Rasa Percaya; Electronic Commerce; Disposition To Trust; Institution-Based Trust; Affect Based Trust
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elisa Pantou's Undergraduated Theses.pdf (305.2KB; 90 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1386
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan internet di Indonesia yang semakin meningkat berkorelasi positif dengan perkembangan bisnis di dalamnya, atau yang biasa disebut electronic commerce (EC). Sistem pada EC yang impersonal, berbeda dengan pasar tradisional, membuat hampir semua transaksi yang terjadi dilakukan oleh individu-individu yang tidak saling mengenal. Hal tersebut dapat mengarah pada asimetri informasi antara pihak penjual dan pembeli yang selanjutnya dapat menciptakan resiko di dalam EC. Selain itu, faktor-faktor eksternal seperti perkembangan internet yang belum stabil serta perlindungan konsumen di Indonesia yang belum mendukung penuh juga menjadi kendala bagi kepastian struktur EC. Penelitian dilakukan pada masyarakat Indonesia karena budaya bangsa kolektivisme pada masyarakat Indonesia diasumsikan membentuk rasa percaya yang didasari dengan afeksi pada anggota masyarakatnya. Berdasarkan fenomena di atas, rasa percaya menjadi aspek yang penting untuk kelanjutan hubungan pembeli dan penjual dalam pasar virtual tersebut. Rasa percaya yang diteliti di sini merupakan rasa percaya terhadap EC sebagai institusi. Rasa percaya pada sebuah situasi juga dipengaruhi oleh dasar rasa percaya yang ada pada seseorang, karenanya dasar rasa percaya juga diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengambilan data bersifat kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah hasil adaptasi alat ukur Trust Measures of E-Commerce yang dibuat oleh McKnight, Choudhury dan Kacmar (2002). Pengambilan informasi dilakukan pada 69 pengguna internet yang didapat melalui teknik snowball sampling. Dengan menggunakan metode analisa statistik deskriptif, didapat hasil bahwa masyarakat Indonesia sebagai konsumen EC memiliki kecenderungan akan rasa percaya yang sedang. Melalui penelitian ini juga didapat hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dasar rasa percaya dengan rasa percaya pada EC sebagai institusi. Analisa tambahan yang dilakukan mengenai perbedaan jenis kelamin menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, di mana konsumen laki-laki menunjukkan rasa percaya yang lebih rendah daripada konsumen perempuan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)