Adanya perkembangan industri dan jasa yang sangat pesat, mengakibatkan perubahan yang sangat besar terjadi dalam dunia industri, dimana pada masa lalu kekuatan pasar ada di tangan penjual, sedangkan saat ini berada pada tangan pembeli. Hal ini menuntut perusahaan untuk menciptakan nilai tambah pada brand agar konsumen mempunyai kesan tertentu yang tertanam dalam benaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang brand image NOKIA, dan melihat hubungannya terhadap loyalitas konsumen. Variabel independen pada penelitian ini adalah brand image NOKIA, sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiasi dengan bentuk hubungan kausal. Untuk mengetahui gambaran tentang brand image NOKIA dan gambaran loyalitas konsumen, maka digunakan tabel distribusi frekuensi, nilai rata-rata (mean), sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh antara brand image dan loyalitas konsumen, maka digunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki penilaian yang positif terhadap brand image NOKIA adalah pasti menggunakan kembali. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh antara brand image NOKIA terhadap loyalitas konsumen. Dan dari hasil rata-rata loyalitas, dapat terbukti bahwa konsumen masih loyal terhadap brand NOKIA. |