Pada hakekatnya, perusahaan adalah kumpulan aktivitas yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, menyampaikan, dan mendukung produknya. Value chain adalah alat dasar yang merupakan cara sistematik untuk menganalisis semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, serta bagaimana semua aktivitas tersebut berinteraksi. Melalui analisis value chain dapat ditemukan sumber-sumber keunggulan bersaing suatu perusahaan. Analisis value chain adalah salah satu teori yang digunakan untuk menganalisa keuntungan dalam suatu persaingan (competitive advantage) dari suatu perusahaan. Konsep value chain sendiri memungkinkan perusahaan mendapatkan competitive advantage atau keunggulan bersaing melalui cost leadership, differentiation, atau keduanya. Untuk dapat mengerti competitive advantage suatu perusahaan, tidak bisa perusahaan dilihat sebagai satu keseluruhan, tetapi sebagai aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan. Aktivitas-aktivitas itu dianalisa secara sistematis tentang bagaimana kinerja dan interaksinya. CNOOC SES Ltd, adalah perusahaan operator minyak dan gas bumi yang melakukan kerjasama PSC (Production Sharing Contract) dengan pemerintah selaku pengawas di dalam melakukan kegiatan eksplorasi sampai kepada tahap eksplotasi Migas. Setiap aktivitas yang dilakukan mulai dari awal sampai akhir harus dikaji dan dimplementasikan kedalam analisis rantai nilai untuk mencari sumber keunggulan bersaing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam (Indepth Interview) terhadap enam orang staf strategis di setiap departemen yang dianalisa berdasarkan analisa rantai nilai atau value chain. Semua staf yang diwawancarai bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan dengan masa kerja rata-rata diatas 8 tahun, serta observasi lapangan langsung di perusahaan maupun di wilayah kerja lepas pantai CNOOC SES Ltd. |