Untuk memperkuat ikatan emosional konsumen terhadap merek, salah satu pendekatan yang digunakan adalah melalui penciptaan brand personality. Semakin kuat penciptaan brand personality, maka ikatan emosional yang terbentuk juga semakin kuat. Dampaknya, konsumen akan cenderung memilih merek-merek yang sesuai dengan kepribadiannya. Jika kondisi tersebut terjadi, maka merek akan menjadi salah satu aset penting untuk meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen berdasarkan brand personality terhadap minuman isotonik Pocari Sweat dan Mizone. Metode penelitian adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Manajemen Unika Atma Jaya. Teknik pemilihan sampel dengan nonprobability sampling yaitu Convenience Sampling, dimana penentuan jumlah sampel didapat dari rumus Slovin. Analisis data menggunakan mean score dengan alat ukur dimensi brand personality yaitu Sincerity, Excitement, Competence, Sophistication, dan Ruggedness. Simpulan dari penelitian ini adalah brand personality dari Pocari Sweat menurut responden adalah aman/terjamin, sehat, dan bersemangat dimana Pocari Sweat unggul dalam dimensi Competence, Sincerity, dan Excitement. Sedangkan brand personality dari Mizone adalah bersemangat yaitu unggul pada dimensi Excitement. Responden lebih memilih Pocari Sweat dibandingkan Mizone. Hasil menunjukkan bahwa semakin menggambarkan brand personality suatu produk dengan kesesuaian terhadap produknya dilihat dari sudut pandang persepsi responden maka konsumen akan memilih produk tersebut. |