Analisis CVP sebagai salah satu alat perencanaan laba merupakan suatu analisis yang menggambarkan hubungan antara biaya, volume penjualan atau produksi dan laba rugi yang sering berintegrasi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui peranan analisis CVP pada PT BALI HAI BREWERY INDONESIA, (2) mengetahui tingkat penjualan BEP yang harus dicapai pada perusahaan yang menghasilkan multiproduk, (3) mengetahui komposisi penjualan dan bauran produk dalam upaya mencapai laba yang optimal bagi perusahaan, (4) membantu perusahaan dalam memproyeksikan laba di masa yang akan datang. Penulis melakukan penelitian ini dengan mengambil studi kasus di PT BALI HAI BREWERY INDONESIA. Data yang digunakan adalah data keuangan tahun 2006 dan tahun 2007. Data keuangan tahun 2006 hanya untuk perbandingan dengan data keuangan tahun 2007. Penulis menggunakan least square method sebagai metode dalam memisahkan biaya campuran ke dalam biaya tetap dan biaya variabel. Produk dari PT BALI HAI BREWERY INDONESIA merupakan consumer goods, produk yang di analis dalam enelitian ini adalah Draft Beer dan Panther Stout. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa titik impas yang dicapai perusahaan adalah Rp 2,723,396,943,- yaitu Draft Beer sebesar Rp 1,137,313,375,- dan Panther Stout sebesar Rp 1,586,083,568,- atau titik impas dalam satuan kaleng adalah sebesar 480,465 kaleng dengan 228,606 kaleng yntuk Draft Beer dan 251,759 kaleng untuk Panther Stout. |