Pemasaran bukanlah hal yang asing lagi dalam dunia bisnis. Setiap badan atau organisasi yang bergerak dalam bisnis tidak akan lepas dari pemasaran. Setiap perusahaan akan menerapkan strategi pemasarannya sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari perusahaan, dimulai dari menentukan pangsa pasar, target pasar sampai dengan bauran pemasaran. Semua itu dilakukan demi tercapainya tujuan dari perusahaan, yaitu barang atau jasa yang dipasarkan dikenal oleh masyarakat dan memberikan profit bagi perusahaan. Sebuah perusahaan tidak hanya dilihat dari segi finansialnya saja, tapi juga dari segi dampak dan perilakunya terhadap masyarakat sekitar, yang terwujud dalam tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Salah satu akibat dari diterapkannya tanggung jawab sosial perusahaan adalah meningkatnya citra perusahaan (corporate image) itu sendiri. Dalam melakukan penelitian, penulis mengumpulkan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang sedang berada di foodcourt Plasa Semanggi. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik sampling convenience. Periode penyebaran kuesioner mulai tanggal 10-21 Januari 2009. Adapun metode pengolahan data yang digunakan setelah hasil kuesioner yang bersifat kualitatif diubah dalam bentuk kuantitatif yang kemudian diukur dengan skala Likert, dan dihitung dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Dari analisis regresi linier sederhana, juga telah diketahui persamaan regresi yaitu Y = 13,050 + 0,809x, di mana koefisien regresi x sebesar 0,809 menyatakan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Corporate Image. Berdasarkan dari hasil pengujian yang telah dilakukan baik dengan menggunakan mean score maupun regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif yang signifikan terhadap Corporate Image PT Coca Cola Bottling Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya program Corporate Social Responsibility dalam perusahaan akan menimbulkan adanya Corporate Image yang positif terhadap perusahaan. |