Merek berperan penting dalam strategi pemasaran produk atau jasa, karena sebagian besar strategi pemasaran saat ini merupakan bagian dari upaya membangun merek yang kuat dan bernilai. Salah satu kunci sukses bagi produk atau jasa adalah kekuatan dari ekuitas merek. Ekuitas merek berperan penting dalam persaingan yang dihadapi oleh perusahaan, karena dapat digunakan sebagai penentu posisi persaingan. Ekuitas merek juga dapat mencerminkan kuat atau lemahnya posisi daya kekuatan perusahaan dalam persaingan. Ekuitas merek (brand equity) mempunyai 4 dimensi, yaitu kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas (perceived Quality), dan loyalitas merek (brand loyalty). Pengumpulan data dilakukan dengan penarikan sempel tidak secara acak, yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner secara tidak acak kepada mahasiswa Atma Jaya yang menjadi responden dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Uji pretest dilakukan dengan menggunakan 30 responden, dan pengujian aktual menggunakan 100 responden. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa brand loyalty berpengaruh secara signifikan terhadap brand equity toko buku Kinokuniya, brand awareness, brand associations, dan perceived quality tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand equity toko buku Kinokuniya. |