Restoran menjadi salah satu tempat alternatif untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu makan. Selain itu restoran sering kali digunakan sebagai tempat menjamu keluarga, kerabat dan rekan bisnis. Didalam bisnis jasa restoran, kualitas pelayanan yang baik merupakan tujuan yang dicari oleh pelanggan. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut benar-bener sesuai dengan harapan atau melebihi harapan, tentu pelanggan akan merasa puas atau bahkan sangat puas dan cenderung setia (loyal) pada restoran tersebut, serta akan menyampaikan hal-hal baik tentang restoran tersebut kepada calon pelanggan lainnya. Dalam mengumpulkan data, kuesioner disebarkan kepada 120 responden yang merupakan pengunjung Restoran Fong-Tu, dengan menggunakan metode convenience sampling. Kuesioner ini disebarkan pada tanggal 30 april 2009 sampai dengan 31 mei 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang membuat responden puas adalah kecepatan proses pembayaran, desain interior dan komunikasi yang baik antara karyawan dan pelanggan. Selain itu, responden puas dan loyal terhadap Restoran Fong-Tu, serta terdapat pengaruh kepuasan responden terhadap loyalitas responden pada Restoran Fong-Tu. |