Saat ini persaingan dalam dunia usaha semakin hari semakin meningkat. Dalam upaya mempertahankan pangsa pasar, suatu perusahaan berusaha memenuhi produk yang bisa diterima di pasar. RINSO merupakan produk deterjen bubuk yang terhitung cukup lama berkiprah di pasar Indonesia, dan telah memiliki pasar tersendiri. RINSO juga terus melakukan berbagai inovasi produk guna mempertahankan pasar yang ada. Dengan pengalaman yang cukup banyak dan pasar yang besar, konsumen produk RINSO telah memiliki image tertentu akan produk merek Rinso. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan judul Analisis Ekuitas Merek Deterjen RINSO: Studi Kasus Warga Taman Aries, Jakarta Barat. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 warga Taman Aries, Jakarta Barat. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan random sampling. Metode analisis data yang dipakai adalah uji reliabilitas dengan SPSS dan uji hipotesis dengan Structural Equation Modeling (SEM). Dari uji hipotesis tersebut disimpullkan variabel kinerja, citra sosial, nilai, trustworthiness, dan attachment berpengaruh positif dengan ekuitas merek deterjen RINSO. |