Permasalahan pemasaran saat ini adalah sulitnya mempertahankan produk yang diproduksinya agar konsumen tetap loyal pada merek mereka dan tidak mudah beralih ke merek lain (brand switching). Hal ini disebabkan karena ketatnya persaingan dalam berbagai aspek yang terjadi diantara para produsen sehingga konsumen sulit membedakan antara satu produk dengan produk lainnya. Penelitian ini ingin melihat apakah ada pengaruh antara ketidakpuasan dan perilaku variety seeking terhadap keputusan brand switching konsumen sabun mandi cair Biore ke LUX. Selain itu juga ingin mengetahui atribut manakah yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan brand switching. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 65 kuesioner pada tanggal 16- 23 Maret 2009 kepada mahasiswi UNIKA Atma Jaya Jakarta jurusan manajemen angkatan 2005. Data tersebut diolah dengan dengan teknik probability sampling yaitu metode simple random sampling. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Overall Mean Score dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis di bab IV, penulis menyimpulkan bahwa hasil dari persamaan regresi dapat diartikan bahwa ketidakpuasan dan perilaku variety seeking berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan brand switching. |