Untuk membentuk suatu merek perusahaan menggunakan strategi merek, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan brand personality yaitu dengan memberikan sifat atau atribut kepribadian manusia pada suatu merek utntuk membedakan produk perusahaan tersebut dengan produk pesaing. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan judul : Analisis Dimensi-dimensi Brand Personality Fanta. Penulis melakukan penelitian dengan cara melakukan survey. Penulis mengambil sample sebanyak 100 orang, data yang dikumpulkan dengan cara mengambil sample secara acak atau dengan kata lain disebut sampling. Waktu dan tempat pengambilan sample dilakukan di perumahan Cipinang Indah yaitu pada tanggal 3-17April 2009. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) uji reliabilitas, dan (2) mengukur kelima dimensi brand personality dengan menggunakan metode Mean Score (MS) dan Overall Mean Score (OMS). Dari uji reliabilitas dapat disimpulkan bahwa menggunakan koefisien Alpha Cronbach, dapat disimpulkan bahwa kelima variable brand personality memiliki reliabilitas yang baik. Kemudian untuk mengukur kelima dimensi brand personality dengan mencari rata-rata dimensi-dimensi brand personality atau dengan menggunakan metode Mean Score (MS) dan Overall Mean Score (OMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi sincerity mempunyai OMS sebesar 3,407; dimensi excitement mempunyai OMS sebesar 3,4672; dimensi competence mempunyai OMS sebesar 3,2177; dimensi sophistication mempunyai OMS sebesar 3,2366; dimensi ruggedness mempunyai OMS sebesar 3,046. dalam perhitungan ini menggunakan Statistic Product Service Solution (SPSS). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kelima dimensi brand personality cukup tercermin di dalam merek Fanta. |