Setiap perusahaan selalu memiliki kegiatan pemasaran yang berguna untuk mencapai target yang telah diditetapkan sebelumnya. Seperti layaknya perusahaan – perusahaan lain, PT Kalbe Farma, tbk juga menggunakan periklanan di televisi sebagai salah satu alat promosinya. Perusahaan tertarik untuk melihat bagaimana efektifitas iklan yang dapat mempengaruhi minat beli pada iklan FATIGON HYDRO, dan dalam hal ini penulis menggunakan konsep AIDA (awareness, interest, desire, action) untuk melihat efektiftasnya. Penelitian dilakukan di perumahan Taman Indah, Jakarta Timur dengan jumlah responden 60 dengan metode non probability dan convinence. Dan penulis menggunakan penghitungan OMS untuk melihat tingkat efektivitas iklan dan regresi linier berganda digunakan untuk melihat pengaruh iklan terhadap minat beli. dan hasil OMS yang di dapat adalah 3,60 pada iklan dan 3,80 dan itu semua masuk rentang skala yang efektif. Dan hasil regresi berganda Y = 7.505 + 0,471 x1 + 0.072 x2 + 0.103 x3 + 0,279 x4 Penulis juga memberikan beberapa saran yang dapat mempertahankan dan meningkatkan efektivitas iklan pada televisi yang dapat mempengaruhi minat beli. |