Menjamurnya pusat kebugaran (fitness centre) saat ini merupakan respon kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, dan pergesaran perilaku gaya hidup. Saat ini konsep fitness center telah dikemas dalam suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan. Fitness First hadir sebagai fitness centre berstandar internasional di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Hal ini memacu Fitness First untuk terus melakukan penyesuaian langkah apakah yang diharapkan oleh konsumen dengan kinerja perusahaan. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan dan loyalitas aggota Fitness First. Untuk memperoleh data, penulis menyebarkan 130 kuesioner kepada anggota aktif Fitness First. Data diolah dan dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan bantuan software lisrel 8.51. Dari hasil pengolahan data, untuk persamaan struktural K2 (satisfaction) diperoleh R² sebesar 0,63 yang berarti 63% varians satisfaction dapat dijelaskan oleh variabel service quality, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Untuk persamaan struktural E (loyalty) diperoleh R² sebesar 0,8 yang berarti bahwa 80% variabel loyalty dapat dijelaskan oleh variabel service quality dan satisfaction, sedangkan sisanya 20% dijelaskan oleh variabel lainnya. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terhadapat hubungan yang signifikan dan kuat antara service quality, satisfaction dan loyalty. |