Dalam memilih jasa laboratorium yang baik, konsumen akan mempertimbangkan berbagai fasilitas yang ada di Lab. tersebut, karena fasilitas yang tersedia dapat membentuk persepsi konsumen mengenai kualitas pelayanan dari laboratorium tersebut. Jika penyedia jasa laboratorium dapat memberikan kualitas pelayanan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen, maka akan membentuk loyalitas konsumen. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian dengan judul : “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas konsumen Laboratorium Prodia (Studi Kasus Laboratorium Prodia Cabang Lampung)”. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 50 kuesioner kepada pengguna jasa Prodia, dengan metode Convienience Sampling. Waktu penyebaran kuesioner Bulan Oktober 2008 sampai dengan November 2008. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Prodia berpengaruh terhadap loyalitas Responden. Atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh Responden dalam memilih Prodia adalah atribut-atribut emphaty yaitu : karyawan Prodia dalam melayani selalu menyebut nama konsumen dan karyawan Prodia sopan dan ramah terhadap kosumen. Kualitas pelayanan Prodia, baik dan Responden loyal terhadap Prodia. |