Saat ini banyak bermunculan perusahaan kelas dunia seperti Shell, Petronas dan beberapa perusahaan lainnya di bisnis retail BBM sehingga membuat Pertamina tidak lagi memonopoli pasar retail BBM di Indonesia. Hal ini membuat konsumen mempunyai banyak pilihan didalam memilih SPBU dengan pelayanan yang baik sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi loyalitas konsumen. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap SPBU ‘Pertamina Pasti Pas’ dan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen. Adapun sampel yang diteliti berjumlah 100 responden, ditambah 30 kuesioner percobaan, sehingga total sampel berjumlah 130 responden. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience Sampling. Metode analisis data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian, adalah sebagai berikut: yang pertama, Uji Validitas dan Uji reliabilitas. Yang kedua, Mean Score (MS), Overall Mean Score (OMS), dan interval. Yang ketiga , Korelasi Pearson. Yang keempat, Uji Regresi dengan metode regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen SPBU ‘Pertamina Pasti Pas’ dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. |