Salah satu variabel yang mempengaruhi minat beli konsumen adalah promosi. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara dengan media yang juga bermacam-macam. Salah satu cara berpromosi adalah melalui iklan yang ditayangkan di media televisi. Penelitian ini ingin membahas mengenai pengaruh iklan televisi mobil Daihatsu Gran Max terhadap minat beli konsumen. Penulis ingin mengetahui persepsi konsumen mengenai iklan mobil Daihatsu Gran Max yang ditayangkan di televisi dan apakah iklan tersebut mempengaruhi minat beli konsumen. Penulis menyebarkan questionnaire kepada 100 responden yang tinggal di wilayah Perumahan Duta Kranji RT 002 / RW 010, Bekasi Barat. Hasil yang didapat mengenai persepsi konsumen adalah bahwa responden setuju informasi dan bahasa disampaikan dengan jelas. Responden juga setuju bahwa jalan cerita, musik / jingle, dan slogan pada iklan menarik. Responden berpendapat biasa saja terhadap gaya model iklan, warna, dan tingkat intensitas iklan yang cukup memadai. Berdasarkan perhitungan korelasi Pearson diketahui adanya korelasi antara iklan mobil Daihatsu Gran Max dengan minat beli konsumen dengan sebesar 0,093. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linier sederhana didapat hasil Y=18,742+1,596X. Berdasarkan koefesien determinasi diketahui bahwa kontribusi iklan terhadap minat beli konsumen berdasar tabel adalah sebesar 0,9%. Nilai signifikansi yang dihasilkan berdasar perhitungan adalah sebesar 0,360 yaitu lebih besar dari 0,005 sehingga walaupun iklan memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen, namun pengaruh tersebut tidak signifikan. |