Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi, menyebabkan banyaknya jenis sepeda motor baru yang dapat dipilih oleh para konsumen. Salah satunya adalah sepeda motor jetmatic. Para produsen otomotif dituntut agar dapat mengidentifikasi secara cermat atribut–atribut apa saja yang mendasari pilihan konsumen terhadap sepeda motor jetmatic. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul Analisis Pilihan Konsumen Terhadap Sepeda Motor Kymco Free LX dan Yamaha Mio. (Studi Kasus : Dealer Sepeda Motor Kymco dan Yamaha, Jakarta Timur). Data dikumpulkan dengan cara membagikan 130 kuesioner kepada pengguna sepeda motor Kymco Free LX dan Yamaha Mio di wilayah Jakarta Timur (dealer–dealer motor Kymco dan Yamaha), dengan menggunakan metode convenience sampling. Atribut – atribut yang diteliti adalah kualitas, harga, promosi, layanan purna jual, model, sparepart, nilai jual kembali, kemudahan mendapatkan, konsumsi BBM, lokasi servis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden lebih memilih sepeda motor Yamaha Mio dibandingkan Kymco Free LX. Atribut utama yang dipertimbangkan konsumen atau responden untuk memilih sepeda motor Yamaha Mio adalah layanan purna jual, sedangkan atribut utama yang dipertimbangkan konsumen atau responden untuk memilih sepeda motor Kymco Free LX adalah kualitas mesin. |