Kebutuhan manusia semakin banyak dan beragam sehingga menimbulkan suatu kecenderungan barn untuk mendapatkan kebutuhan mereka dengan cara yang berbeda. Contohnya, seseorang yang menikmati makanan di cafe. Mereka tidak hanya menginginkan manfaat untuk mengenyangkan perut saja, tetapi juga sebagai tempat refreshing dengan teman bisnis atau keluarga sekaligus menenangkan pikiran setetah beraktifitas seharian. Sehubungan dengan itu, penulis melakukan penelitian dengan judul: Analisis Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Konsumen pada Comic Cafe Tebet. Penehtian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang datang ke Comic Cafe, Tebet, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 dan 20 Januan 2008 metode purposWe sampling. Dalam hal menganalisis data digunakan metode Importance-Performance Analysis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangibles). Kepuasan konsumen terjadi saat kinerja Iebih besar atau sama besar dengan ekspektasi. Sebaliknya, apabila kinerja Iebih rendah danpada ekspektasi, maka pelanggan akan merasa tidak puas. Dan hash penelitian dapat disimputkan bahwa pelanggan Comic Cafe puas dengan kualitas jasa yang dibenkan oteh Comic Cafe. |