Penelitian ini menganalisis adanya perbedaan pada pembagian dividen di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada tahun 2006, dengan mengambil sampel 93 perusahaan yang sahamnya aktif diperdagangkan pada saat periode pengamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian mi adalah event study, dengan periode pengamatan yang ditetiti adalah 10 han sebelum (T-1 0) dan 10 han setelah (T+1 0) adanya pembagian dividen. Penelitian mi bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar terhadap pembagian dividen tunai yang dibagikan oleh perusahaan, yang ditunjukkan dengan adanya perubahan terhadap return dan volume perdagangan saham yang terjadi di BEJ. Jika diperoleh adanya suatu perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan sesudah adanya pembagian dividen, berarti pembagian dividen mempunyai suatu kandungan informasi yang menyebabkan investor bereaksi. Secara keseluruhan, Hasil dan penelitian ml menunjukkan bahwa ternyata para investor tidak memberikan reaksi yang berlebihan terhadap informasi pembagian dividen yang lakukan oleh perusahaan, yang terbukti tidak adanya perbedaan pada return saham harian dan volume perdagangan saham selama periode pengamatan. Hal mi berarti informasi mengenal pembagian dividen tidak dijadikan acuan bagi para investor untuk guna keputusan investasi mereka. |