Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah terjadinya salah pengertian atau miskomunikasi dalam penerimaan pesan dan informasi. Untuk menghindari masalah tersebut diperlukan suatu kerjasama antar individu dalam perusahaan melalui iklim komunikasi organisasi yang kondusif sehingga mewujudkan lingkungan kerja yang baik yang akan membuat karyawan merasa nyaman dan semangat untuk bekerja. Dengan demikian, akan tercipta suatu kepuasan kerja karyawan yang positif dan hasilnya akan berpengaruh kepada kinerja perusahaan itu sendiri. Pentingnya keberadaan iklim komunikasi organisasi ini, membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang hubungan iklim komunikasi organisasi dengan kepuasan kerja karyawan. Penelitian dilakukan di PT TELKOM Kandatel Bekasi yang memiliki karyawan kurang lebih 80 orang, dengan sampel sebanyak 50 orang. Penulis ingin mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi, kepuasan kerja karyawan, dan hubungan antara kedua variabel tersebut. Penulis menggunakan metode korelasi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk memperoleh hasil mengenai tingkat hubungan yang terjadi antara iklim komunikasi dengan kepuasan kerja. |