Telah menjadi suatu kepercayaan, khususnya di dunia jasa transportasi umum, bahwa kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Hal ini dikarenakan dengan memuaskan konsumen, perusahaan dapat meningkatkan tingkat keuntungannya dan mendapatkan pangsa pasar yang Iebih tuas. PT Kereta Api indonesia (Persero) merupakan perusahaan transportasi darat yang produknya berupa pelayanan jasa transportasi, baik jasa transportasi manusia maupun barang. Perusahaan ml dalam melakukan pelayanan jasa transportasinya menyediakan banyak alternatif, mulai dan angkutan barang sampai dengan angkutan manusia. PT Kereta Api Indonesia tentu saja memitiki alasannya sendiri mengapa menyediakan banyak jenis kereta, yang pasti disesuaikan dengan segmen yang ingin dituju. Pada kondisi peisaingan sempurna, dimana pelanggan mampu untuk memitih di antara beberapa alternatif peiayanan dan memiliki informasi yang memadai, kepuasan pelanggan merupakan satu determinan kunci dan tingkat permintaan pelayanan dan fungsi produsen yang dalam hal ini adalah PT Kereta Api Indonesia. Dalam menganalisis kepuasan konsumen terhadap fasilitas dan pelayanan Kereta Api Argo Bromo Anggrek, metode yang dipakai penutis adalah dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen digunakan Skala Likent, Perhitungannya menggunakan rumus Mean Score (MS) dan Overall Mean Score (OMS). Dan hash penelitian dan perhitungan didapat hash bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas Kereta Api Argo Bromo Anggrek adalah biasa saja, dengan nilai OMS sebesar 3,35 (berada pada rentang skala 2,61 — 3,40). Sedangkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Kereta Api Argo Bromo Anggrek adalah puas, dengan nilal OMS sebesar 3,43 (berada pada rentang skala 3,41 — 4,20). |