PT First Marine Seafoods merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis pengolahan udang dan usaha Cold Storage dengan mutu terbaik dan higienis, yang diproses dari tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman. Tujuan dari pelaksanakan kegiatan praktik magang ini ialah untuk menerapkan ilmu yang telah Penulis dapatkan di perkuliahan pada saat bekerja di PT First Marine Seafoods sebagai Marketing Staff. Bentuk pemasaran barang oleh PT First Marine Seafoods yaitu menggunakan metode pemasaran bisnis untuk bisnis (Business-to-Business Marketing). Strategi distribusi pemasaran PT First Marine Seafoods adalah saluran pemasaran tidak langsung (indirect marketing channel), antara lain melalui pengecer, pedagang besar, dan agen. Beberapa masalah timbul selama dalam praktik magang di PT FMS, pertama sulit untuk mempertahankan setiap kualitas produk yang dihasilkan, kedua relatif buruknya infrastruktur jalan dan topografi pabrik, yang dapat menggangu akses jalan dari dan ke pabrik pengolahan, ketiga penundaan pengiriman produk (Delay Shipment) dari PT FMS ke pembeli, yang diakibatkan oleh miskomunikasi (human error) antara PT FMS dengan supplier dan pembeli. Kelemahan PT First Marine Seafoods dalam analisa SWOT, pertama jalan akses keluar-masuk menuju ke PT FMS yang sering banjir, kedua PT FMS belum memiliki sistem pengolahan limbah cair sendiri, ketiga fasilitas penunjang bagi karyawan PT FMS belum memadai, keempat saluran distribusi PT FMS yang kurang luas. Ancaman PT First Marine Seafoods dalam analisa SWOT, adanya krisis global, yang ditandai dengan menurunnya daya beli negara-negara importir di luar negeri, dan bisnis pengolahan udang berpotensi cukup baik, sehingga banyaknya pesaing yang bermunculan, baik dari dalam maupun luar negeri. |