RINSO merupakan sabun deterjen bubuk yang sudah lama berada di pasar Indonesia, maka dari itulah peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek deterjen bubuk RINSO terhadap respon konsumen yang dilihat dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Teknik pengambilan sampel yang diggunakan adalah simple random sampling dengan sampel berjumlah 150 responden yang diambil dari warga Kompleks Pesona Khayangan, Depok. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 9 April 2008 – 14 Mei 2008. Untuk menganalisis pengaruh asosiasi merek RINSO terhadap respon konsumen digunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan program Lisrel 8.8. Hasil dari penelitian ini adalah asosiasi merek RINSO memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap respon konsumen, namun hanya beberapa fungsi saja yang membentuk respon konsumen tersebut. Fungsi identifikasi personal dan fungsi status kurang begitu berpengaruh terhadap respon konsumen, oleh karena itulah asosiasi merek harus diupayakan untuk ditingkatkan agar tercipta suatu respon konsumen yang lebih baik lagi. |