Masalah yang dihadapi perusahaan dewasa ini ialah menciptakan kepuasan konsumen dengan cara memberikan layanan yang terbaik bagi konsumennya. Untuk dapat bertahan di tengah persaingan, sebuah agen harus mampu memberikan layanan berkualitas kepada para konsumennya agar mereka puas. Dalam skripsi ini penulis ingin mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan oleh Agen 40 TITIPAN KILAT. Teknik sampling yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Convenience Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang responden. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah (1) metode analisis deskriptif kualitatif, bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen, dan (2) metode analisis uji beda Wilcoxon, bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat antara variabel X (kualitas pelayanan) dan variabel Y (kepuasan konsumen). Dari hasil pengujian terhadap kedua analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) berdasarkan metode analisis deskriptif kualitatif, mayoritas konsumen sudah merasa puas terhadap layanan yang diberikan, hal ini dapat dilihat dari hampir seluruh atribut sudah memenuhi harapan responden, dan (2) berdasarkan metode analisis Wilcoxon, diketahui bahwa tingkat kinerja Agen 40 TITIPAN KILAT secara keseluruhan telah memenuhi harapan konsumennya. |