Dalam memilih jasa bengkel yang baik, konsumen akan mempertimbangkan berbagai atribut yang terkandung didalamnya, atribut tersebut akan membentuk persepsi dalam benak konsumen mengenai kualitas pelayanan dari bengkel tersebut. Jika penyedia bengkel dapat memberikan kualitas pelayanan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen, maka akan membentuk loyalitas dari konsumen, sehingga konsumen cenderung akan terus menggunakan jasa bengkel tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan bengkel Tunas Nirwana terhadap loyalitas konsumen, dengan menggunakan 130 sampel, yaitu konsumen bengkel Tunas Nirwana di Cibubur. Kualitas jasa menggunakan dimensi Tangibles, dimensi Reliability, dimensi Responsiveness, dimensi Assurance, dan dimensi Empahty. Dan loyalitas konsumen berdasarkan 4 karakteristik loyalitas konsumen yaitu pelanggan yang melakukan pembelian berulang secara teratur, membeli antarlini produk dan jasa, mereferensikan ke orang lain, dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan pesaing. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas pelayanan bengkel Tunas Nirwana berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Pengaruh dimensi-dimensi kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif terhadap loyalitas konsumen. |