Masyarakat sekarang ini cenderung memilih tempat berbelanja di pasar modern yang mengutamakan kenyamanan, kelengkapan barang, kedekatan lokasi, dan keamanan bagi para konsumennya. Pasar moderen yang ada saat ini adalah Carrefour, Makro, Giant, Alfa, Hero, dan Hypermart. Hypermart Giant dalam waktu singkat telah berkembang pesat dengan membuka cabang di berbagai kota. Atas dasar itulah penulis tertarik untuk mengetahui hubungan antara ekspektasi dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen giant. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Model Analisis Deskriptif, untuk mengetahui data-data konsumen berupa jenis kelamin, usia, pekerjaan dan frekuensi belanja per bulan. (2) Model Persamaan Struktural, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara ekspektasi dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen Giant Plaza semanggi. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa ekspektasi konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Kepuasan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa ekspektasi dan kepuasan konsumen mempunyai pengaruh dengan loyalitas konsumen yang berbelanja di Giant Plaza Semanggi. |